Rabu, 26 Maret 2008

CARA MERAWAT BUNGA



1. Pemupukan Untuk Bunga Adenium
Pupuk yang digunakan dipilih jenis yang cenderung merangsang pertumbuhan dahan/batang dan bunga. Dahan kita harapkan akan tumbuh menyamping/membesar, bukan memanjang. Sedangkan adenium tanpa bunga tetaplah kehilangan salah satu pesona terindahnya.
Tips pemilihan pupuk secara umum adalah mengambil pupuk NPK yang unsur N-nya rendah. Merk, jenis, model, bentuk dari pupuk bisa macam-macam, namun tips secara umum adalah pilih yang unsur N-nya rendah. Hal ini dilakukan untuk membuat batang tumbuh tidak memanjang keatas dengan daun yang rimbun, efek ini dihindari untuk membentuk bonsai adenium yang indah. Secara umum pupuk kita tambahkan untuk merangsang pertumbuhan akar dan bunga, dan bukanlah batang.
Untuk kepraktis-an pelaksanaan, WakSut mempraktekkan pencampuran pupuk slow release (dicontohkan merk Dekastar) langsung dalam campuran media tanam. Dengan cara ini diharapkan pupuk akan dapa langsung mendekati akar tanaman. Pupuk yang slow release juga membuat kita tidak perlu berpikir tentang pemupukan terlalu rumit lagi, karena di setiap penyiraman tanaman, otomatis akan me-release zat aktif dari pupuk tersebut.
Adenium sangat menyukai sinar matahari. Ekspos terhadap sinar matahari sepanjang hari akan meningkatkan kesuburan dan kesehatan pertumbuhan adenium. Jadi usahakan tempatkan tanaman adenium di area taman yang paling banyak terkena sinar matahari.
Untuk menghindari gangguan gulma, serangga, kucing, kadal; ada baiknya dengan menempatkannya di green house. Green house juga akan mengoptimalkan fungsi panas matahari. Jika tidak bisa ada greenhouse kita juga bisa menggunakan atap tembus cahaya saja, menggunakan semacam poly carbonate yang berwarna putih/bening/netral.
Secara umum penggunaan greenhouse atau atap adalah mengurangi resiko tanaman terkena ekspose air di saat musim hujan. Air terlalu banyak memberikan resiko yang lebih tinggi pada kebusukan bonggol. Jadi salah satu point penggunaan greenhouse dan atap adalah air akan lebih terkontrol jumlahnya. Tidak overcharge
Karena adenium sangat menyukai panas dan sinar matahari, jika tidak bisa menyediakan greenhouse atau atap, bisa juga dipakai tips untuk menempatkan adenium di dak atas rumah atau bahkan atap rumah. Disitu dijamin ekspose maksimal terhadap sinar matahari. Kalaupun ada hujan, dengan ekspose maksimal sinar matahari akan menguapkan air yang tersimpan dalam media. Olehkarenanya sangat penting untuk memperhatikan curah hujan di area kita memelihara adenium.
OK, long enough…

1 komentar:

Pak Somat mengatakan...

bagus sekali artikelnya. saya juga pecinta bunga melati